Jumat, 22 Februari 2013

0 Cara Cepat Menghafal


Cara Cepat Menghafal


 
 
 
 
 
Belajar dengan menggunakan metode menghafal memang masih mendapat tanggapan pro dan kontra di masyarakat. Terdapat pihak yang berpendapat bahwa belajar dengan menggunakan metode menghafal adalah salah satu bentuk "penyiksaan" kepada anak karena membuat anak menjadi tidak kreatif. Namun disisi lain terdapat pihak yang menentang pendapat tersebut dengan dasar pemikiran bahwa bila metode belajar menghafal dilakukan dengan fun maka tidak akan membuat anak menjadi tidak nyaman namun malah membuat anak menjadi lebih berprestasi dibanding dengan teman - temannya yang lain. Bila kita termasuk pihak yang setuju dengan pendapat tersebut, maka kita bisa mengikuti beberapa cara cepat menghafal seperti di bawah ini yang bila diterapkan dengan serius bisa memberikan hasil yang memuaskan.
 
CARA CEPAT MENGHAFAL
 
* MENULIS
 
Akan lebih mudah bagi kita untuk menulis hal - hal yang ingin kita hafalkan karena dengan menulis materi secara otomatis akan merangsang / memerintahkan otak kita untuk turut "membaca" materi yang sedang kita tulis. Tulis materi tersebut secara pelan - pelan dan pastikan tidak terdapat kesalahan menulis pada materi yang ingin kita hafalkan.
 
* MEMBACA
 
Membaca materi dengan pelan dan berulang akan membantu kita lebih cepat menghafal materi yang sedang kita pelajari. Terlebih bila kita membaca materi yang sebelumnya telah kita tulis. Bagi sebagian orang, membaca sekali sudah cukup bisa membuat mereka hafal akan sebuah materi. Namun bagi sebagian orang lagi perlu beberapa kali membaca untuk bisa menghafal sebuah materi.
 
* MENGGAMBAR
 
Cara ini tergolong agak unik memang. Namun dengan mengaplikasikan sebuah materi dalam bentuk gambar bisa menjadi sebuah cara cepat menghafal materi. Tentu saja gambar yang dibuat harus berhubungan dengan materi yangs edang kita pelajari. Untuk beberapa materi tertentu, kita bisa menggambar aneka simbol yang menurut kita lebih mudah untuk dihafalkan.
 
* MENULIS ULANG
 
Setelah kita membaca sebuah materi, kita bisa emnulis ulang isi dari materi tersebut di selembar kertas atau buku tanpa melihat materi yang telah kita baca. Setelah itu, cocokkan dengan isi materi yang sesungguhnya. Bila masih terdapat hal yang melencen (tidak sesuai dengan isi materi) atau terdapat hal yang kita tulis, maka kita bisa mengulanginya beberapa kali sampai dirasa seluruh isi materi telah tertuang dalam tulisan kita tersebut.
 
* MENGHAFAL DENGAN PARTNER
 
Ini bisa kita lakukan bila kita memiliki partner yang bisa membantu kita dalam memnghafal. Partner tersebut bisa dari keluarga, teman, pacar, dll. Mintalah mereka untuk memegang materi yang sedang kita hafalkan, kemudian kita mengucapkan materi yang sedang kita hafal sambil mereka menyimak dengan cara membaca materi yang kita hafalkan. Mereka bisa membetulkan / mengkoreksi bila ternyata kita ada kesalahan dalam mengucapkan materi tersebut.
 
* BUAT RANGKUMAN
 
Ada kalanya tidak semua materi harus kita hafalkan melainkan hanya sebagian atau inti dari sebuah materi tersebut. Oleh karena itu, membuat rangkuman / summary dari sebuah materi bisa membantu kita menghafal materi tersebut dengan cepat. Caranya adalah dengan menulis inti dari sebuah materi kemudian kita mengembangkannya sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

 

AL >< FE Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates