Jumat, 22 Februari 2013

0 Kiat Berkendara Saat Hujan


Kiat Berkendara Saat Hujan

Jika musim hujan mulai datang, para pengendara kendaraan bermotor baik mobil maupun motor harus mulai waspada dan mempersiapkan segala sesuatunya agar anda dapat berkendara dengan aman. Ada beberapa hal sepele yang harus anda perhatikan untuk menghindarkan anda dari kecelakaan yang mengintai saat cuaca sedang tidak bersahabat. Apa saja hal yang harus anda lakukan untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,
  1. Pelihara kecepatan sesuai dengan jarak pandang
Saat anda berkendara di tengah hujan yang sedang turun dengan derasnya, sebaiknya anda mengemudi dengan kecepatan yang disesuaikan dengan jarak pandang, lingkungan sekitar apakah ada genangan air atau tidak serta kondisi jalan yang sedang anda lalui.
  1. Gunakan selalu putaran mesin rendah
Menggunakan putaran mesin yang rendah bertujuan untik memelihara traksi roda agar tetap bekerja dengan optimal. Nah, jika anda menggunakan mobil dengan mesin bensin, usahakan untuk menjaga putaran bensin di angka 2.500 rpm. Namun bila anda menggunakan mobil dengan mesin diesel, anda harus menjaga putaran mesin di angka yang lebih rendah yaitu 1.800 rpm untuk menghindari sliding pada mobil anda.
  1. Hidupkan lampu pada day time atau lampu kecil
Seringkali para pengemudi mobil menggunakan lampu hazard pada saat kondisi hujan. Hal ini sebenarnya akan merugikan pengemudi kendaraan yang lain karena lampu hazards dapat mengganggu pandangan mengemudi lain yang berada di arah sebaliknya. Jadi sebaiknya anda menggunakan lampu day time agar tidak menganggu pengendara lain.
  1. Perhatikan jarak pengereman
Saat kondisi sedang hujan, proses pengereman pada mobil anda akan membutuhkan lajur yang lebih panjang dibandingkan saat kondisi jalanan kering. Oleh sebab itu anda harus mengatur jarak mengerem sedikit lebih jauh dengan jarak biasanya, agar kendaraan anda dapat berhenti dengan tepat.
  1. Hindari kecepatan tinggi pada genangan air tipis
Biasanya saat mobil anda melewati genangan air tipis, ban tidak dapat mencengkeram jalan dengan baik. Nah, saat itu mobil berpotensi mengalami aquaplaning atau melayang. Hal ini akan mengakibatkan mobil anda tidak stabil saat melaju.
  1. Hindari genangan air yang melebihi satu jengkal tinggi knalpot anda
Genangan air yang tinggi dapat mengakibatkan mobil anda mogok dan merusak mesin mobil anda. Sebaiknya anda tidak menerobos genangan air tinggi apalagi bila itu banjir.

0 komentar:

Posting Komentar

 

AL >< FE Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates