Jumat, 22 Februari 2013

0 Panduan Pemula: Modifikasi Mobil


Panduan Pemula: Modifikasi Mobil


Dunia modifikasi otomotif terutama mobil merupakan hal yang gampang-gampang susah. Tidak semua orang bisa menguasai dunia ini. Bagi Anda yang benar-benar baru dalam hal modifikasi mobil harus lebih teliti dalam memilih dan memutuskan. Jika tidak, Anda bisa salah langkah bisa-bisa Anda mengalami over budget dan hasilnya tidak sesuai dengan keinginan. Bagi Anda yang berniat terjun di dunia ini tidak ada salahnya mengikuti tips berikut ini :
Modifikator atau Ajak Teman yang Berpengalaman. Alangkah baiknya jika Anda menggunakan jasa modifikator yang sudah berpengalaman, sebab Anda bisa konsultasi langsung bagian-bagian mobil mana yang perlu dimodifikasi. Para modifikator biasanya akan memberikan solusi dan masukan terhadap konsep yang Anda siapkan. Modifikator juga biasanya memberikan referensi model-model modifikasi terbaik.
Tentukan Anggaran. Anggaran sangat penting. Jika Anda memodifikasi mobil tanpa rencana biaya bisa-bisa Anda kerepotan. Sesuaikan biaya yang ada dengan komponen-komponen modifikasi yang ada di konsep. Anggaran ini biasanya dari harga spare part sampai biaya jasa modifikator.
Buat Daftar Komponen. Dengan begini anda dapat lebih memfokuskan pada rancangan awal bagaimana Modifikasi mobil yang diinginkan. Untuk selanjutnya, modifikator akan memberi masukan-masukan dari konsep yang anda inginkan. Lakukan tips ini agar Anda tidak membeli komponen dua kali.
Mesin. Mesin adalah inti dari sebuah mobil. Setelah Konsep, anggaran biaya, bengkel modifikasi, dan daftar komponen dipersiapkan. Untuk pemula, biasanya hanya memodofikasi tampilan mesin, misalnya melapisi dengan karbon krom. Jika ingin menggantinya, pilihlah mesin sesuai dengan apa yang anda desain sebelumnya. Pastikan juga setelah memodifikasi, mesin bekerja dengan normal.

Pelek. Tentukan pelek yang ingin Anda pasang sesui dengan tema yang sudah ada. Apabila sudah terpasang dari sinilah awal mula apakah nantinya perlu merubah body atau tidak seperti fender. Sebab body mobil selalu menyesuaikan pelek dalam proses modifikasi.
Apabila ada perubahan ukuran pelek dan menjadi lebih besar, sisi positifnya handling mobil menjadi lebih baik sehingga nyaman untuk bermanuver. Ini akibat area kontak antara ban dengan aspal menjadi lebih luas sehingga daya cengkram menjadi lebih besar dan tentu saja penampilannya akan menjadi lebih keren.
Namun sisi negatifnya adalah saat melewati jalan yang tidak rata daya redam mobil menjadi berkurang. Imbasnya kabin menjadi lebih berisik(noise road). Hal ini  bisa diantisipasi dengan memasang peredam yang lebih bagus agar kenyamanan kabin tetap terjaga.

Body kit. Setelah pelek ditentukan barulah pasang body kit yang sudah dibuat. Ubah tampilan secara maksimal dengan mengganti bember depan, bember belakang dari side skirt.
Audio. Jangan lupa untuk mengubah sistem audio. Beberapa modifikator ada yang audio, kalau memang fokus ke Audio, gunakan komponen yeng bermerek dan berkualitas tinggi agar hasil dari sistem audio sesuai dengan harapan. Sama seperti komponen lainnya, audio juga harus sesuai dengan tema sehingga tetap menjadi satu kesatuan.
Kategori Audio terdapat tiga kelas yaitu:
1. SQ (Sound Quality), menghasilkan  suara jernih dan berkualitas. Pada sistem ini kejernihan (clarity), kedalaman (depth), sound stage, dll bisa persis seperti suara asli.
2. SQL (Sound Quality Loud), merupakan sistem audio yang cocok untuk pemula karena sederhana merubahnya. SQl adalah penggabungan dua modifikasi audio sebelumnya yaitu kualitas suara dan dentuman keras.
3. SPL (Sound Pressure Level), jika Anda menyukai kerasaan suara dan bass yang bagus pilihlah SPL dengan pengukuran decibel (db) bisa sesuai dengan keinginan Anda.
Interior dan Eksterior. Bagian ini merupakan finishing dari semua modifikasi dan menambah elegan sebuah modifikasi. Jika anda berniat mengganti cat mobil, terlebih dahulu harus dilakukan pengikisan cat dengan metode blasting yang membuat mobil kembali ke warna asal yaitu abu-abu. Setelah pengikisan selesai, saatnya menghubungi tukang cat berpengalaman dan mulai memilih warna.
Rubah juga tampilan di dalam kabin (interior) sesuai dengan tema dan warna. Bahan-bahan yang digunakan juga disesuaikan dengan tema, misalnya tema elegan maka jok dengan bahan kulit dan dasbor panel kayu yang umum disematkan pada modifikasi mobil.
Untuk tema rancing bisa juga mengganti setir standar menjadi setir rancing serta melapisi pedal dengan besi ala racing
Kesimpulannya bila Anda masih pemula dalam hal modifikasi, perubahan yang tidak terlalu makan biaya banyak adalah kunci untuk memulainya. Pastikan bahwa Anda tidak over-explore, merasa kewalahan oleh pilihan, atau mendapatkan tergoda oleh menarik over-the-top modifikasi yang bisa angin membuat Anda menghabiskan lebih banyak daripada yang Anda telah direncanakan. Ada baiknya lagi jika Anda bergabung dengan komunitas modifikasi mobil sehingga akan banyak mendapat pengetahuan dari teman-teman sesama penyuka modifikasi.(ad)

0 komentar:

Posting Komentar

 

AL >< FE Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates